Investasi Emas sebagai Alat Investasi dan Alat Hedging

Investasi Emas sebagai Alat Investasi dan Alat Hedging. Masyarakat Indonesia mulai saat ini harus lebih memperhatikan investasi dalam emas dibanding investasi dalam hal lainnya, ini disebabkan perekonomian Indonesia yang kerap rentan akan krisis. Begitu datang krisis, nilai mata uang rupiah langsung anjlok dan sebagian besar masyarakat Indonesia akan kehilangan daya beli serta menurunnya kesejahteraan.

Jika dilihat secara struktural, ekonomi indonesia memang rawan akan inflasi. Bagaimanapun selalu saja terdapat alasan untuk naiknya harga kebutuhan pokok. Di satu pihak pemerintah begitu mudahnya menaikkan harga BBM, dan demikian pula pengusaha bisa begitu mudahnya menaikkan harga barang dan jasa, dan hal tersebut berakibat rupiah selalu jadi kehilangan nilainya.

Investasi Emas sebagai Alat Investasi dan Alat Hedging

Sebagai contoh berapakah nilai satu dollar AS terhadap rupiah sebenarnya? Jawabannya adalah bukan Rp.10.000,- melainkan Rp.1.000.000,- sebab pada tahun sekitar 1960han, pemerintah pernah melakukan pemotongan nilai rupiah dari Rp.1000,- ke Rp.1. Kebijakan saat itu menghancurkan daya beli masyarakat, tetapi tetap ditempuh pemerintah untuk menyeimbangkan kembali perekonomian makro.

Karena itu, penting sekali bagi kita untuk melindungi nilai kekayaan yang sudah dikumpulkan, kalau tidak ingin menghabiskan masa tua dalam kemiskinan. Sebab, dalam jangka panjang pasti akan terjadi krisis yang merupakan siklus dari ekonomi. Dan setiap kali terjadi krisis, rupiah akan kehilangan nilainya. Entah sebagai akibat dari naiknya nilai tukar dollar AS, tergerus karena mengalami inflasi tinggi atau kedua hal tersebut terjadi bersamaan.

Memilih berinvestasi dalam emas adalah salah satu cara efektif untuk melindungi kekayaan kita. Orang membeli dan menyimpan kekayaan dalam emas untuk mengamankan daya belinya, bukan untuk mendapatkan imbah hasil yang paling tinggi. Peluang investasi tinggi tetap pada jenis investasi seperti saham, walaupun resikonya juga tinggi untuk berinvestasi dalam saham.

Emas sebagai alat investasi yang bertujuan untuk perlindungan nilai aset juga mirip dengan properti. Keunggulan emas adalah lebih mudah dan lebih cepat untuk diuangkan, dan nilai investasinya relatif lebih kecil. Namun, baik emas maupun properti sama-sama efektif sebagai penakluk inflasi.

Emas sebagai alat hedging, tentu saja investasi emas tidak menjanjikan return besar dalam jangka pendek seperti saham. Tapi return dalam emas relatif stabil, hanya saja kalah mengairahkan bila dibandingkan dengan saham. Emas cenderung lebih tepat untuk hedging dari pada investasi, walaupun bisa juga berfungsi sebagai keduanya sekaligus.

Dan untuk investasi dalam emas, membeli emas lalu menjualnya kembali tidak disarankan dilakukan untuk periode jangka pendek (satu tahun atau kurang) karena keuntungannya tidak maksimal.

Sudahkan Anda berinvestasi dalam emas hari ini? Mari ber investasi emas… Investasi Emas sebagai Alat Investasi dan Alat Hedging